3 Tips Aman Bertransaksi dengan QRIS untuk Terhindar dari Penipuan
Sumber: pexels.com

Finance / 13 April 2023

Kalangan Sendiri

3 Tips Aman Bertransaksi dengan QRIS untuk Terhindar dari Penipuan

Wisnu Prianggani Contributor
946

Semakin berkembangnya teknologi, alternatif transaksi atau metode pembayaran digital menjadi semakin populer dan sering digunakan dalam transaksi sehari-hari terutama bagi karyawan di kota-kota besar. Salah satu transaksi atau metode pembayaran digital yang sedang populer saat ini adalah QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard), yang memungkinkan pembayaran melalui kode QR. Namun, seperti halnya metode pembayaran lainnya, QRIS yang meskipun termasuk sistem pembayaran yang canggih juga rentan terhadap penipuan. Oleh karena itu, perlu diambil tindakan pencegahan agar terhindar dari penipuan QRIS.

Belakangan sedang viral penipuan transaksi uang dengan modus baru yaitu memanipulasi barcode QRIS kotak amal menjadi barcode rekening pribadi. Penipuan uang di dunia digital memang semakin marak terjadi, maka dari itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan agar terhindar dari penipuan-penipuan tersebut. Di dunia yang semakin jahat ini kita memang dituntut untut tetap waspada dan berjaga-jaga dalam segala hal.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari penipuan transaksi menggunakan barcode QRIS dan semoga dapat membantu kita tetap waspada.

1. Pastikan Kode QR Benar-Benar Asli

Saat melakukan transaksi QRIS, pastikan kode QR yang akan dipindai berasal dari tempat yang jelas dan dari lembaga resmi. Misalnya, jika Anda harus membayar di sebuah restoran, pastikan kode QR tersebut memiliki data yang sesuai dan berasal dari restoran tersebut. Jangan mudah terkecoh oleh kode QR palsu yang terlihat mirip dengan yang asli. Kita harus memastikan bahwa segala sesuatunya benar-benar asli dan tidak mengecoh.

 

Baca Juga: Marak Kasus Begal Rekening, Kenali 4 Modus yang Umum Dilakukan Pelaku

 

2. Jangan Berbagi Informasi Pribadi

Jangan pernah berbagi kata sandi atau informasi sensitif lainnya dengan siapa pun bahkan jika bisa kita jangan sembarangan membagikan informasi digital kita dengan orang terdekat, apalagi dengan orang yang tidak dikenal. Jika ada pihak yang meminta informasi pribadi, jangan berikan begitu saja tanpa memastikan bahwa mereka benar-benar dapat dipercaya. Kita harus berhati-hati dan tidak mudah mempercayai orang yang tidak dikenal.

 

3. Periksa Histori Transaksi

Jika Anda menggunakan QRIS, periksa histori transaksi secara berkala untuk memastikan bahwa tidak ada transaksi yang mencurigakan atau tidak dikenal yang terjadi pada akun Anda. Jika ada transaksi yang mencurigakan, segera laporkan kepada pihak yang berwenang. Kita harus bertanggung jawab atas segala tindakan yang kita lakukan.

 

Baca Juga: 3 Cara Ampuh Mencegah Penipuan di Sosial Media

 

Dalam melakukan transaksi menggunakan QR code, kita memang harus selalu berhati-hati dan waspada terhadap penipuan yang bisa saja terjadi. Semoga kita bisa terhindar dari kejahatan ini dengan beberapa tips yang sudah kita bahas agar kita dapan mengenali penipuan QRIS. Penting bagi kita untuk tetap teliti dan bijaksana dalam setiap hal, termasuk dalam menggunakan teknologi. Sebagaimana yang tertulis dalam 1 Tesalonika 5:21, “Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.” Oleh karena itu, selalu berjaga-jaga dan berdoa agar terhindar dari segala kejahatan dan penipuan.

Halaman :
1

Ikuti Kami